Manfaat Apel untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa yang enak juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh, bahkan kulit dari buah apel juga bermanfaat untuk melawan kanker.
Apel memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, selain buahnya yang mudah ditemui, juga karena rasanya yang manis. Tapi tidak banyak yang menjadikan apel sebagai makanan sehari-harinya. Padahal, Apel memiliki banyak manfaat & khasiat yang menakjubkan. Buah yang satu ini selain memiliki warna yang menarik dan rasa yang enak juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh manusia, bahkan kulit dari buah apel yang kaya akan serat dan juga bermanfaat untuk melawan kanker. Selain untuk kesehatan tubuh, apel juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Manfaat Apel untuk Kesehatan
Foto: elevenia.co.id
Selain memiliki rasa yang enak juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh, bahkan kulit dari buah apel juga bermanfaat untuk melawan kanker.

Tidak hanya rasanya manis dan renyah, apel juga memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan. Berikut Khasiat & Manfaat Apel untuk Kesehatan :

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mengurangi risiko penyakit stroke
Menurut penelitian mengungkapkan bahwah kosumsi apel secara rutin dapat menurunkan kadar kelesterol total dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi pada apel memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya oksidasi lemak, termasuk lemak dalam aliran darah atau lemak yang ditemukan dalam membran sel.

Mengurangi risiko diabetes
Pectin dalam apel menyalurkan asal galacturonic untuk tubuh yang menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin dan membantu dalam pengelolaan diabetes. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya apel sehari adalah 28% lebih kecil kemungkinannya terhada diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel.

Membantu proses pencernaan
Apel kaya akan serat yang diketahui membantu proses pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada apel dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dam menghindari risiko kanker usus besar. Kulit apel dianggap serat dan obat terbaik untuk sembelit.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Mengigit dan mengunyah apel ternyata dapat meningkatkan stimulasi air liur di dalam mulut. Hal ini bermanfaat dalam mengurangi kerusakan/lubang gigi dengan mengurangi jumlah bakteri yang merugikan. Kandungan asam malat pada juga berkhasiat untuk memutihkan gigi hanya dengan mengunyah.

Memperkuat tulang
Apel mengandung flavanoid diketahui dapat melindungi wanita pasca-menopause dari osteoporosis dan juga meningkatkan kepadatan tulang. Apel juga mengandung boron yang membantu menguatkan tulang.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pectin dalam apel dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut studi, serat larut dapat mengubah sel-sel kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein anti-inflamasi, interleukin 4.

Membantu menurunkan berat badan
Rata-rata apel hanya memiliki sekitar 80 kalori, yang berarti memilikid kandungan air yang cukup tinggi dari konten kalori. Hal ini memungkinkan untuk memiliki rasa kenyang saat mengambil sedikit kalori yang menjadikan makanan bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Mengurangi risiko penyakit Alzheimer
Makan apel dan minum jus apel bisa meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko Alzheimer.

Mengurangi risiko penyakit Parkinson
Menurut penelitian bahwa makan satu apel sehari dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson, gangguan kronis progresif dari sistem pusat yang ditandai dengan fungsi neuron di otak.

Memelihara kesehatan rambut
Pada tahun 2002, penelitian Tsukuba Research Laboratory, menunjukkan bahwa B2 procyanidin dalam apel dapat mengontrol protein yang memicub & meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mengurangi asma
Menurut penelitan di Inggris, bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi apel selama kehamilan, cenderung terhindar dari gejala asma pada anak-anak dari pada anak-anak yang ibunya makan sedikit apel. Penelitian lain di Australia, bahwa peserta yang makan apel dan pear memiliki risiko terendah terkena asma.

Melindungi dari katarak dan degenerasi macular
Apel mengandung vitamin A dan vitamin C, yang membantu mencegah degenerasi terkait usai makula dan melindungi terhadap katarak.

Menyembuhkan anemia
Apek kaya akan zat besi yang efektif untuk pengobatan anemia. Makan dua atau tiga buah apel sehari dapat membantu mempertahankan kadar zat besi.


Baca Juga! Beberapa artikel seputar Buah Apel :

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama