Manfaat Asparagus untuk Kesehatan

Asparagus memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, memperkuat fungsi hati, memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kaviler tubuh.

Asparagus merupakan suatu jenis sayuran yang telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap. Asparagus rendah kalori, tidak mengandung kolesterol dan sangat rendah sodium. Bagian tanaman asparagus yang dimanfaatkan sebagai makanan adalah batangnya, karena memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini umumnya berwarna hijau. Batang yang muda bisa dimakan mentah, sedangkan yang tua harus mengalami proses perebusan atau pemasakan lainnya.


Manfaat Asparagus untuk Kesehatan
Foto: coolcookstyle.com
Asparagus memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, memperkuat fungsi hati, memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kaviler tubuh.

Berikut manfaat Asparagus untuk kesehatan tubuh :

Berkhasiat bagi kesehatan tubuh
Asparagus mampu memperbaiki sistem kardiovaskuler dengan memperkuat fungsi hati, memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kaviler tubuh.

Kesehatan jantung
Minum sedikit jus asparagus yang dicampur dengan madu tiga kali seharai dapat membantu memperkuat jantung yang lemah.

Mengontrol gula darah
Asparagus membantu mengontrol kadar gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Kesehatan pencernaan
Sayuran ini kaya akan mineral serta karbohidrat yang disebut inulin yang tidak bisa dicerna. Namun di dalam usus besar, inulin menjadi makanan bakteri baik. Asupan inulin asparagus meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus besar yang mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Mengurangi keasaman darah
Asparagus yang dibuat jus, mampu membantu mengurangi keasaman darah serta membantu melarutkan batu ginjal.

Diuretik alami Asparagus memeliki kandungan tinggi potasium namun rendah sodium. Mineral-mineral tersebut dikombinasikan dengan asparagin, asama amino aktif, membuat asparagus efektif sebagai diuretik alam. Diuretik sangan berguna mengurangi pembengkakkan selama pramenstruasi dan kembung. Diuretik juga membantu mengurangi iritabilitas, kelelahan, dan depresi.

Mengandung asam folat
Asam folat dapat membantu memudahkan mendapatkan kehamilan. Asam folat juga sangat berguna bagi ibu hamil dan janin, untuk melindungi cacat tabung saraf pada bayi, dan mengkonsumsi asparagus setelah kelahiran akan memperlancar produksi Air Susu Ibu (ASI).

Mencegah radang sendi
Mencegah penyakit radang sendi, abik untuk penderita artritis, melindungi pecahnya pembuluh darah, mampu perbaiki kinerha ginjal, dan usus karena sifat diuretiknya membuat saluran urin menjadi lebih lancar dan mampu menghilangkan kristal ginjal.

Anti-inflamasi
Asparagus mengandung fitokimia yang menghasilkan efek anti-inflamasi sehingga membantu meringankan arthritis dan rematik.

Kaya antioksidan
Asparagus mengandung antioksidan yang membantu mencegah kanker dan katarak

Membantu kemoterapi
Asparagus mempertinggi tingkat keberhasilan kemoterapi

Agen detoksifikasi
Asparagus merupakan agen detoksifikasi dan mampu mencegah infeksi saluran kemih.

Membantu mengobati HIV, mencegah penyakit kudis dan kanker paru-paru

Membantu libido dan memberikan rasa nyaman

Mencegah multiple sclerosis

Menutrisi rambut untuk mencegah rambut rontok

Berguna bagi penderita sakit gigi


Baca Juga! Beberapa artikel seputar Asparagus :

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama